h1

Nuklir buat Indonesia

Januari 9, 2009
Big Nuclear Power Plant

Three Mile Island Nuclear Power Plant

Krisis energi di Indonesia masih nunjukkin kondisi yang gitu-gitu aja. Minyak mahal lah, setelah diganti gas, jadi langka lah. Kayaknya negeri yang katanya gemah ripah loh jinawi ini nggak punya sumber energi yang memadai buat semua orang. Sampai kapan coba ini bakal berlangsung??

Kalo dipikir-pikir, ada apa dengan teknologi nuklir? Kenapa sampai sekarang Indonesia belum bikin, padahal Cina, Iran, Jepang, Korea, bahkan India udah punya power plantnya sendiri (sumber: World-Nuclear.org). Apakah sebegitu bodohnya orang Indonesia nggak bisa bikin? Sudah saatnya kita berubah. Buat apa pemadaman listrik? Toh bakal banyak banget yang terganggu dengan hal itu (pengalaman pribadi saat ngejar deadline di H-3 jam).

Negara berkembang, kalo mau berkembang harus siap ngorbanin banyak energi! Energi fisik dari manusia dan dari alam. Etos kerja manusia juga ngga boleh loyo terus kek gini.. Apa jadinya, orang miskin niat sekolah tapi nggak punya biaya, eh orang yang bisa sekolah males-malesan. Jadi macan ngorok lah ini negara.

Ayo dukung NUKLIR di Indonesia. Kalo semua orang ngedukung dengan kemauan yang besar, ga usah takut ada kejadian kayak Chernobyl.. Coz we NEED POWER!

h1

D-Day: Buka Bareng Tahu Logay 2008

September 28, 2008

Sabtu, 27
Hmm.. Surprise!
Ternyata ada yang harus dilakukan di rumah gw sehingga rencana perjalanan hari ini ditunda untuk besok.. Alhamdulillah.
Akhirnya gw bisa hadir di acara gede angkatan 2005 SMANSA..
Hehehe..

Dengan sedikit skill jepret-jepret amatiran, akhirnya gw rilis album facebook gw yang pertama disini.

h1

Preparing To: Buka Bareng

September 28, 2008

Jumat, 26
Bergegas gw keluar kamar setelah packing dan mendapati semua peralatan gw masuk ke 3 tas yang berbeda. Hmm.. 2 tas sebenernya kalo si kamera masuk ke tas punggung..
Jam empat sore gw keluar dari kosan dan nebeng tetangga depan kamar buat ke halte Damri di DU. Sesampainya di DU.. Gak sebiji pun bus damri leuwipanjang yang muncul di depan mata gw.
Akhirnya langsung aja tarik jabrik ke BIP buat naik angkot Kalapa..
Dan gw pun termenung sejenak melihat kenyataan: yang jalan kaki aja di Bandung cantik-cantik begini!

tiga tas

tiga tas

Maghrib gw sampe di atas bus MGI yang ternyata bakal lewat cipularang.. Lumayan lah, walaupun gw harus ngerogoh kocek sampe 50 rebu buat bayar ongkos. Perjalanan yang gw lalui cukup biasa-biasa aja, nothing special, no one is beautiful, sumpah deh, gw cuma ketemu sama si Safawi a.k.a Bibir a.k.a Yudha (ampun Yud!).. Kecuali gw rada dihibur awal-awal sama kelakuan sinetron Indonesia berjudul Muslimah. Buset dah, tayangan Ramadhan koq Baca entri selengkapnya »

h1

Banyak Nyamuk di Kosanku..

September 22, 2008

Uhuk.. Hkhk..
Cuh!

Entah kenapa, gw baru sadar kalo Bandung mulai banyak nyamuk. Rasanya selama setaun terakhir gw tinggal d kosan yg sekarang, baru bulan ini gw garuk-garuk di kamar gara-gara nyamuk sialan..

Salah gw yg jarang beres-beres kamar, atau efek global warming ya?

h1

White Rainbow

September 16, 2008

Ketika dinginnya udara pagi menggigit tulang punggungku..
Kedua kaki melangkah letih mencari dipan buih.
Namun sejenak lensa yang awas tersadar..
Mungkin itu pelangi putih diatas lengkungan mentari.

white rainbow

white rainbow

Diambil dengan Nikon D40, f/7.1, 1/50 sec, ISO200.
14.09.2008

h1

Rheo-logically!

September 16, 2008

Curhatan gak penting lagi nih.. Gakpapa, yang penting gw gak pening.

Mata kuliah yang gw ambil semester ini memang nggak mencerminkan jalan hidup yang seharusnya ditempuh anak material yang ‘wajar’. Mulai dari semiotics, product semantics, surface chemistry, plus satu lagi: rheology!

Hufff.. Tiga mata kuliah yang awal gw sebutin masih oke. Dua pertama isinya sih nyambungnya sama seni dan desain, sekalian ngeceng-ngeceng dikit. Anak desain produk gitu, lumayan ehem-ehem dengan dandanan ‘kinclong’ ala FSRD ITB. Yang ketiga juga sedikit-sedikit kayaknya nonjok cara gw buat berpikir chemically, yang juga kayaknya udah terkubur selama 2 tahun terakhir, sambil itung-itung cari tema buat tugas akhir.. Baca entri selengkapnya »

h1

Insecurity

September 16, 2008

Huff..
Beberapa hari di awal puasa ini bener-bener perjalanan yang berat. Beberapa kali gw mengalami hal yang mengenaskan dan bikin stress. Dimulai dari H-2 sebelum puasa dimana gw pengen balik ke bogor dulu buat menikmati sahur pertama di rumah..

event #1
Malem harinya sebelum hari sabtu, gw dan 5 orang lainnya ditraktir sama seorang oknum yang ada di dalam ‘lingkaran-setan’ traktiran ulang tahun.. Giliran dia ini diisi sama makan-makan buffet sepuasnya sebelum puasa, jadi kita semua pulang dalam keadaan menggelembung semua. Malemnya, 2 orang ikutan nginep di kosan gw yang notabene kosan salah satu temen yang ikut juga.

Giliran ada satu oknum mau sholat isya, air udah nggak ngalir dari keran kamar mandi. Otomatis kan dia ngebuka pintu depan untuk menjangkau keran.. Tepat saat itu gw ketiduran, berakhirlah hari itu. Besok paginya jadwal gw adalah kembali ke bogor.. Dengan bodohnya hari itu gw nggak nemu kunci kamar gw sama sekali! Baca entri selengkapnya »